Menggunakan SQL

SQL adalah bahasa yang kaya dimana syntaxnya memperbolehkan statement sesimpel mungkin dengan sedikit kata, dan statement begitu kompleks hingga memenuhi halaman dengan syntaxnya. Ada beberapa cara untuk mengirim command SQL ke database.

  • Oracel SQL*Plus dan iSQL*Plus : kedua tool ini menyediakan kesederhanaan, interface command-line dengan database.
  • Oracle Forms : Menutup SQL dari pengguna dengan menyediakan sebuah lingkungan berbasis grafis dimana pengguna bisa memanipulasi data.
  • Oracle Reports dan Oracle Discoverer : Tool untuk laporan ini membolehkan database yang kompleks diquery untuk dijalankan dengan satu klik mouse. Oracle Reports umumnya digunakan untuk standart, laporan fix. Oracle Discoverer adalah tool data mining yang membolehkan pengguna untuk menjelajah data tanpa mengetahui struktur pokok dan relasi dari data tersebut.
  • Oracle Enterprise Manager : Sebuah tool grafis yang memanipulasi objek database dan strukturnya. Dengan menggunakan Oracle Enterprise Manager, administrator dapa berkonsentrasi menyelesaikan tugas daripada mengingat syntax.
  • Third-party tools .SQL adalah bahasa berbasis standart yang digunakan oleh kebanyakan vendor database besar. Ada ratusan tool untuk berinteraksi dengan database menggunakan SQL
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: