Apakah PL/SQL itu ???

PL/SQL merupakan block-structured language yang merupakan bagian dasar (prosedur, fungsi dan blok lainnya) yang menjadikan PL/SQL dalam blok logical, yang dapat berisi beberapa subblok tersarang. Secara khusus, kita membuat tiap blok logical untuk menyelesaikan masalah atau sub masalah. Satu hal yang harus diketahui adalah bahwa PL/SQL menambahkan teknik pemrograman terstruktur kedalam bahasa SQL.
Blok dari PL/SQL terdiri dari :

  • DECLARE : bagian opsional dimana kita mendeklarasikan konstanta, variabel, lalu menggunakannya di SQL dan perintah prosedural apapun dimana ekspresi tersebut dapat digunakan. Kita harus mendeklarasikan sebuah konstanta atau variabel sebelum menreferensikannya di perintah yang lain, termasuk perintah deklaratif lainnya.
  • BEGIN : ini adalah permulaan dari kode untuk satu blok. Kode ini akan dibentuk dari perintah SQL dan PL/SQL. Ini adalah keharusan.
  • EXCEPTION : ini adalah bagian opsional dimana kita dapat menentukan pengecualian yang mungkin. Secara umum exception akan muncul dikarenakan adanya suatu kondisi yang salah.
  • END : ini adalah akhir dari blok. Merupakan suatu keharusan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: