Hukum Islam

Hukum Islam dibagi menjadi 5 bagian yaitu :

  1. Wajib
    Wajib adalah suatu perkara yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala, dan bila ditinggalkan akan mendapat dosa. Wajib dibagi menjadi 2 bagian yaitu Wajib ‘Ain, adalah yang harus dikerjakan oleh setiap orang. Contohnya Shalat 5 waktu, pusa bulan Ramadhan dan sebagainya. Wajib Kifayah, adalah kewajiban yang dianggap cukup bila sebagian orang-orang sudah mengerjakan, tetapi akan berdosa jika tak seorangpun mengerjakannya. Contohnya menyembahyangkan jenazah dan menguburkannya
  2. Sunnah
    Sunnah adalah suatu perkara yang bila dikerjakan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan tidak berdosa. Sunnahdibagi menjadi
    2 bagian yaitu Sunnah Mu’akkad, adalah sunnah yang dianjurkan untuk mengerjakannya, contohnya shalat tarawih, shalat hari raya Idul Fitri dan Idul adha. Sunnah Ghairu Mu’akkad, adalah sunnah biasa.
  3. Haram
    Haram adalah suatu perkara yang bila dikerjakan akan mendapat dosa, dan apabila ditinggalkan akan mendapat pahala. Contohnya minuman keras, berdusta, mendurhakai orang tua, mencuri,berzina, dan sebagainya.
  4. Makruh
    Makruh adalah suatu perkara yang bila dikerjakan tidak berdosa, dan bila ditinggalkan akan mendapatkan pahala. Contohnya merokok,makan petai, makan berambang mentah dan sebagainya.
  5. Mubah
    Mubah adalah suatu perkara boleh ditinggalkan dan boleh dikerjakan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: